Seminar Business Practice 4 STMIK-STIE ASIA Malang tentang Modern Market
Oleh : Bpk. Benaya Victorius Jaya ( Pengusaha di bidang retail international )
Tempat : PERTI ASIA Malang
Oleh : Bpk. Benaya Victorius Jaya ( Pengusaha di bidang retail international )
Tempat : PERTI ASIA Malang
Definisi Modern Market
Pasar yang dibangun atau dikelola oleh pemerintah swasta atau koperasi yang dalam bentuknya berupa pusat perbelanjaan, seperti Mall, Plaza, dan shopping center. dimana pengelolaanya dilaksanakan secara Modern dan mengutamakan pelayanana kenyamanan berbelanja dengan manajemen berada disatu tanggan ,bermodal relatif kuat ,dan dilengkapi label harga yang pasti .
Peraturan terkait modern market
~ Permendag No. 53 / 2008
Pedoman penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko
modern
~ Perda jatim no. 3 / 2008
perlindungan ,pemberdayaan pasar tradisional dan penataan pasar modern di provinsi
Jatim.
PRODUCT CATEGORY IN MODERN MARKET
1. GROCERY (Kebutuhan sehari-hari)
- Minuman
- Pembersih
- Kosmetik
- Makanan berpendingin
- Makanan kering
Syarat :
- memenuhi persyaratan sebagai produk yang aman konsumsi sesuai peraturan pemerintah yang terkait.
- mematuhi peraturan dan perundagan mengenai hak intelektual,perpajakan serta norma -norma hukum dan sosial setempat .
- Barcode pada kemasan tercetak
2. Fresh (Makanan segar)
- Makanan siap saji
- Hasil laut
- Buah dan sayuran
- Makanan
- Hasil ternak
3. Bazaar (kebutuhan sekunder atau tersier)
- Perlengkapan pertukangan
- olahraga
- Rumah tangga
- buku
- mainan
- perlengkapan mobil dan motor
4. Applience (peralatan elektronik)
- Big household
- Small household
- Photo, cine optical
- Hi Fi sound
- Tv video
- Computer
Syarat :
- Memiliki persyaratan sebagai produk yang aman untuk digunakan dan terdaftar diperaturan pemerintah SNI
- Pemasok wajib memberikan garansi purna jual
- Pemasok wajib memiliki fasilitas pelayanan purna jual
- mematuhi peraturan dan perundangan mengenai hak intelektual perpajakan atas norma hukum dan sosial setmpat .
- memberikan keterangan teknik pemasangan ,penggunaan dan pemeliharaan (buku petunjuk penggunaan )dalam bahasa indonesia .
5. Textile
- sepatu
- tas
- pakaian dalam
- celana
Syarat :
- Merk yang dipakai telah mempunyai hak paten.
PRIVATE LABEL
Private label adalah merk dagang yang barangnya diproduksi atau dikemas oleh pemasok.
Keuntungan privet label:
- Tidak perlu investasi dan membangun merk
- Pengalaman pengembangan dan pengawasan mutu produk berstandar nasional
- Peluang memasarkan produk ke jaringan internasional
Mutu Produk Private Label
- seluruh prodak private label harus melalui uji coba mutu yang dilakukan oleh BPOM
- proses propduksi harus memanuhi standart yang telah ditentukan modern market sebagai pemilik label
Syarat Perdagangan (Trading terms)
syarat dalam perjanjian kerjasama antara pemasok dan toko modern yang berhubungan dengan pemasokan produk produknya yang diperdagankan dalam toko modern yang bersangkutan.
Modern Market dari aspek konsumen
- memiliki konsep 1.harga kompetetif 2.suasanan belanja yang nyaman 3.pilihan produk yang lengkap.
- membantu meningkatkan daya beli san akses untuk produk berkualitas bagi konsumen dengan menyediakan produk bermutu baik dengan harga kompetetif
- memlikiki komitmen layanan