FUNGSI BISNIS RADAR MALANG


Oleh : Bpk. Kurniawan Muhammad ( Direktur Radar Malang ) 

Sejarah Radar Malang
Keberadaan Radar Malang tidak bisa terlepas dari Jawa Pos Biro Malang. Jawa Pos Biro Malang ada sejak 1980-an. Pada tahun 1999 menjelang diberlakukannya otonomi daerah di Indonesia, Jawa Pis membuat 7 radar di Jawa Timur. Otonomi daerah diterapkan tahun 2000.
7 Radar itu  berdiri tahun 1999 :
Malang, Kediri, Jember, Bromo, Madiun, Bali, Madura.
Sekarang ada 12 Radar :
Banyuwangi, Mojokerto, Jombang, Surabaya, Tulungagung.

Macam-macam anak perusahaan jawa pos
a. Media Cetak
·   Punya koran di semua provinsi di Indonesia, dengan jumlah sedikitnya 300-an koran. Dari 300-an koran di setiap provinsi ini, kebanyakan punya anak perusahaan lagi berupa koran di kota-kotanya masing-masing.
·   Punya majalah sedikitnya 100-an.
·   Punya Tabloid sedikitnya 70-an.
·   Setiap koran dibagi dalam cluster-cluster berdasarkan kewilayahannya.
·   Radar Malang berada dalam cluster Jawa Pos Radar (JPR). Ada 18 koran lokal. Wilayahnya Jawa Timur, Jawa bagian Tengah (Semarang, Jogja, Solo dan Kudus), dan Bali (Bali dan Bali Ekspres).
·   Radar Malang sampai saat ini, terbesar dalam hal oplah dan kapitalisasi (omset, laba)

b. Media Elektronik
·   Punya jaringan televisi lokal sedikitnya 35 televisi lokal.

c. Media Online
·   Jawa Pos Digital
·   Jawa Pos.Com
·   Online di seluruh daerah

d. Hotel
·   News Hotel

e. Percetakan
·   Temprina

f.  Pabrik Kertas
·   Adiprima Suraprinta

g. Power Plant

Bisnis Koran
·   Khas
·   Mempunyai 2 sisi yang secara ideology berbeda yaitu idealis(news) berisi kepentingan maupun keinginan publik dan bisnis (iklan) yang berisi keinginan maupun kepentingan klien

Tantangan Bisnis Koran
a. Gempuran Online, Media Sosial dan media elektronik.

b. Life Style yang berubah
·   Orang semakin suka dengan hal-hal yang praktis
·   Mempengaruhi pola orang memasang iklan

c. Perubahan demografis
·   Angka usia muda trennya selalu meningkat.
·   Sehingga koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca yang semakin muda. 
     
Hal-hal yang dilakukan Radar Malang
a. Strategi konten
·   Pola pemberitaan lebih Indepth, Investigative, Blow Up

b. Membuat Online berbasis Print (edisi cetak)
·   Berita cetak mengait di online, dan berita online mengait di cetak.
·   Membuat batasan berita online dan berita cetak Berita di online belum tentu ada di edisi cetak Berita di edisi cetak belum tentu ada di edisi online

c. Strategi Dekat dengan Pembaca/Masyarakat
·   News harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yang ada di masyarakat.
·   Filosofi Part of The Show yaitu memunculkan kesan “Hanya Radar Malang yang mampu melakukan”

d. Menggaet Minat Pembaca Muda
·   Rubrik Zetizen
·   Mengenalkan koran kepada generasi Z
·   Saat ini sudah punya 2.158 member
·   Pembaca usia muda  < 20 tahun

e. Menggaet Komunitas, Keluarga, Perempuan

f.  Harus selalu berada dalam “alam bawah sadar” pembaca/masyarakat.
·   brand Radar Malang harus terus-menerus tampil ke public.  Tampil melalui berita di koran saja tidak cukup.
·   Radar Malang gencar membuat event (one month one event plus event mingguan) Event Radar Malang: Baru pertama, Berbeda, Heboh…!!!
   
Divisi Radar Malang
a. Redaksi
b. Iklan
c. Koran, Event dan Pengembangan Bisnis
d. Keuangan
e. HRD dan Umum
   
Lima Unsur dasar Strategi Marketing Radar
a. Penentuan Pasar
·   Penentuan STP (segmentation, Targeting, Positioning)
·   Segmentasi prioritas:
·   Menengah (kelas B), menengah ke atas (AB), dan atas (A).
·   Young People
·   Women
·   Netizen
·   Young Family
·   Segmentation adalah bidikan. Targeting adalah destinasi. Positioning adalah kemapanan dalam posisinya yang kokoh dan semakin kuat.

b. Perencanaan Produk
·   Peduli Packaging
·   Packaging harus selalu menarik, dinamis, memudahkan pembaca dan kreatif
·   Packaging di sini adalah terkait dengan penampilan atau pewajahan media cetak. Salah satu yang memegang peranan penting adalah lay out.

c. Manajemen Harga
·    Ada harga psikologis yang harus dijaga
·   Harus benar-benar cermat dalam merumuskan harga koran
·   Di dalam harga koran, ada margin yang harus dibagi dengan agen.

d. Distribusi
·   Jalur koran masih konvensional
·   Percetakan - Ekspedisi - Agen - Sub Agen - Striker - Pembaca/Pelanggan/Pembeli
·   Karena sangat mengandalkan agen, sub agen dan striker, maka harus benar-benar bisa me-maintenance mereka dengan baik. 

e. Promosi dan Komunikasi
·   Promotion by Product
·   Promotion by customer satisfaction
·   Promotion by recognition

f. HRD
·  Keahlian atau penilaian terhadap plus minus karyawan (Mapping Karyawan)
·  Hasil mapping ini dijadikan dasar untuk membentuk The Dream Team. Dream Team diambil dari karyawan istimewa dan baik (sedikitnya 20 persen) Menganut teori Pareto: 20-80 (Untuk banyak kejadian, sekitar 80 persen daripada efeknya disebabkan oleh 20 persen dari penyebabnya).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »