Oleh
: Bpk. Kurniawan Muhammad ( Direktur Radar Malang )
Sejarah Radar Malang
Keberadaan Radar Malang
tidak bisa terlepas dari Jawa Pos Biro Malang. Jawa Pos Biro Malang ada sejak
1980-an. Pada tahun 1999 menjelang diberlakukannya otonomi daerah di Indonesia,
Jawa Pis membuat 7 radar di Jawa Timur. Otonomi daerah diterapkan tahun 2000.
7 Radar itu berdiri tahun 1999 :
Malang, Kediri, Jember,
Bromo, Madiun, Bali, Madura.
Sekarang ada 12 Radar :
Banyuwangi, Mojokerto,
Jombang, Surabaya, Tulungagung.
Macam-macam
anak perusahaan jawa pos
a. Media Cetak
· Punya
koran di semua provinsi di Indonesia, dengan jumlah sedikitnya 300-an koran.
Dari 300-an koran di setiap provinsi ini, kebanyakan punya anak perusahaan lagi
berupa koran di kota-kotanya masing-masing.
· Punya
majalah sedikitnya 100-an.
· Punya
Tabloid sedikitnya 70-an.
· Setiap
koran dibagi dalam cluster-cluster berdasarkan kewilayahannya.
· Radar
Malang berada dalam cluster Jawa Pos Radar (JPR). Ada 18 koran lokal.
Wilayahnya Jawa Timur, Jawa bagian Tengah (Semarang, Jogja, Solo dan Kudus),
dan Bali (Bali dan Bali Ekspres).
· Radar
Malang sampai saat ini, terbesar dalam hal oplah dan kapitalisasi (omset, laba)
b. Media
Elektronik
· Punya
jaringan televisi lokal sedikitnya 35 televisi lokal.
c. Media Online
· Jawa
Pos Digital
· Jawa
Pos.Com
· Online
di seluruh daerah
d. Hotel
· News
Hotel
e. Percetakan
· Temprina
f. Pabrik
Kertas
· Adiprima
Suraprinta
g. Power Plant
Bisnis
Koran
· Khas
· Mempunyai
2 sisi yang secara ideology berbeda yaitu idealis(news) berisi kepentingan
maupun keinginan publik dan bisnis (iklan) yang berisi keinginan maupun
kepentingan klien
Tantangan
Bisnis Koran
a. Gempuran
Online, Media Sosial dan media elektronik.
b. Life Style yang
berubah
· Orang
semakin suka dengan hal-hal yang praktis
· Mempengaruhi
pola orang memasang iklan
c. Perubahan
demografis
· Angka
usia muda trennya selalu meningkat.
· Sehingga
koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca yang
semakin muda.
Hal-hal
yang dilakukan Radar Malang
a. Strategi konten
· Pola
pemberitaan lebih Indepth, Investigative, Blow Up
b. Membuat Online
berbasis Print (edisi cetak)
· Berita
cetak mengait di online, dan berita online mengait di cetak.
· Membuat
batasan berita online dan berita cetak Berita di online belum tentu ada di
edisi cetak Berita di edisi cetak belum tentu ada di edisi online
c. Strategi Dekat
dengan Pembaca/Masyarakat
· News
harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yang ada di masyarakat.
· Filosofi
Part of The Show yaitu memunculkan kesan “Hanya Radar Malang yang mampu
melakukan”
d. Menggaet Minat
Pembaca Muda
· Rubrik
Zetizen
· Mengenalkan
koran kepada generasi Z
· Saat
ini sudah punya 2.158 member
· Pembaca
usia muda < 20 tahun
e. Menggaet
Komunitas, Keluarga, Perempuan
f. Harus
selalu berada dalam “alam bawah sadar” pembaca/masyarakat.
· brand
Radar Malang harus terus-menerus tampil ke public. Tampil melalui berita
di koran saja tidak cukup.
· Radar
Malang gencar membuat event (one month one event plus event mingguan) Event
Radar Malang: Baru pertama, Berbeda, Heboh…!!!
Divisi
Radar Malang
a. Redaksi
b. Iklan
c. Koran, Event
dan Pengembangan Bisnis
d. Keuangan
e. HRD dan Umum
Lima
Unsur dasar Strategi Marketing Radar
a. Penentuan Pasar
· Penentuan
STP (segmentation, Targeting, Positioning)
· Segmentasi
prioritas:
· Menengah
(kelas B), menengah ke atas (AB), dan atas (A).
· Young
People
· Women
· Netizen
· Young
Family
· Segmentation
adalah bidikan. Targeting adalah destinasi. Positioning adalah kemapanan dalam
posisinya yang kokoh dan semakin kuat.
b. Perencanaan
Produk
· Peduli
Packaging
· Packaging
harus selalu menarik, dinamis, memudahkan pembaca dan kreatif
· Packaging
di sini adalah terkait dengan penampilan atau pewajahan media cetak. Salah satu
yang memegang peranan penting adalah lay out.
c. Manajemen Harga
· Ada
harga psikologis yang harus dijaga
· Harus
benar-benar cermat dalam merumuskan harga koran
· Di
dalam harga koran, ada margin yang harus dibagi dengan agen.
d. Distribusi
· Jalur
koran masih konvensional
· Percetakan
- Ekspedisi - Agen - Sub Agen - Striker - Pembaca/Pelanggan/Pembeli
· Karena
sangat mengandalkan agen, sub agen dan striker, maka harus benar-benar bisa
me-maintenance mereka dengan baik.
e. Promosi dan
Komunikasi
· Promotion
by Product
· Promotion
by customer satisfaction
· Promotion
by recognition
f. HRD
· Keahlian atau
penilaian terhadap plus minus karyawan (Mapping Karyawan)
· Hasil mapping
ini dijadikan dasar untuk membentuk The Dream Team. Dream Team diambil dari
karyawan istimewa dan baik (sedikitnya 20 persen) Menganut teori Pareto: 20-80
(Untuk banyak kejadian, sekitar 80 persen daripada efeknya disebabkan oleh 20
persen dari penyebabnya).